Kamis, 29 Oktober 2009

LEMBAR KERJA SISWA

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

PERANAN KATALIS DALAM LAJU REAKSI

Tujuan
Mempelajari pengaruh katalis terhadap laju reaksi

Alat dan Bahan
Alat:
a. tabung reaksi
b. pipet tetes
c. stopwatch
Bahan:
a. Larutan KMnO4 0,01M
b. Larutan asam oksalat 0,05M
c. Larutan asam sulfat 0,5M
d. Larutan KI 0,01M
e. Larutan ammonium molibdat 0,1M
f. Larutan kanji 1%

Petunjuk kerja:
1. Siapkan masing-masing larutan sebanyak 1 mL.
2. Reaksi KmnO4 dangan asam oksalat
a. ambil satu tetes larutan KMnO4 encerkan dengan 20 tetes air
b. masukkan ketiga zat berikut ke dalam satu tabung reaksi:
2 tetes larutan asam oksalat, 2 tetes larutan asam sulfat, 1 tetes larutan KMnO4 yang sudah diencerkan. Catat waktu dengan stopwatch sampai warna KMnO4 hilang.
c. Tambahkan satu tetes larutan KMnO4 dan catat waktunya sampai warna hilang. Ulangi sampai 12 kali. Buat tabel pengamatan!
3. Reaksi H2O2 dengan KI
a. Masukkan larutan berikut ini ke dalam satu tabung reaksi yaitu:
1 tetes asam sulfat, 2 tetes larutan kanji, 1 tetes larutan H2O2, 5 tetes air, 1 tetes larutan KI. Catat denagn stopwatch sampai terbentuk warna biru.
b. Masukkan larutan berikut ini ke dalam tabung reaksi, yaitu:
1 tetes asam sulfat, 2 tetes larutan kanji, 1 tetes larutan H2O2, 5 tetes air, 1 tetes larutan amonium molibdat, 1 tetes larutan KI. Catat waktunya dengan stopwatch sampai terbentuk warna biru.

Data Pengamatan:
1. Buatlah tabel pengamatan untuk waktu yang diperlukan untuk menghilangkan warna larutan pada tetesan KMnO4 yang pertama sampai ke 12. Bandingkan waktunya. Buatlah grafik waktu dengan tetesan!
2. Tuliskan waktu pada cara kerja 3a dan 3b untuk reaksi H2O2 dan KI. Manakah yang lebih cepat?

Diskusikan dalam Kelompok Kerja:
1. Adakah perbedaan pada setiap tetes larutan KMnO4?
2. Mengapa waktunya berubah? Adakah zat yang berperan sebagai katalis? Apakah peran zat tersebut?
3. Mengapa ada perbedaan waktu reaksi? Manakah zat yang bersifat sebagai katalis?

Kesimpulan
Buat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan!

tugas:
Setelah melakukan praktikum di laboratorium,
Buatlah laporan individu dengan mengirimkan melalui email saya di era_kimia@yahoo.co.id. dengan format laporan:
1. Judul praktikum
2. Tujuan percobaan
3. Materi yang berkaitan
4. Alat dan Bahan
5. Prosedur kerja
6. Data pengamatan
7. pembahasan/ analisa data
8. jawaban pertanyaan LKS
9. kesimpulan
Kirim maksimal 1 minggu setelah jadwal praktikum
Terima Kasih

RPP LAJU REAKSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH : SMA Taruna Nusantara Magelang
MATA PELAJARAN : KIMIA
KELAS/ SEMESTER : XI / GANJIL
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 ‘

Standar Kompetensi :
Memahami Kinetika Reaksi, kesetimbangan Kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar :
memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :
1. Menjelaskan pengaruh konsentrasi suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
2. Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator.
3. Menjelaskan pengertian, peranan katalisator dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.

Materi Pokok :
Pengaruh Konsentrasi terhadap laju reaksi

Model, Metode, dan Pendekatan Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Praktikum, Diskusi dan Ceramah
3. Pendekatan Pembelajaran : keterampilan proses

Langkah – langkah Kegiatan
Apersepsi
1. Siswa memasuki ruang laboratorium kimia dengan tertib dan duduk dengan membentuk kelompok kerja.
2. Guru memberi pertanyaan tentang materi yang lalu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang katalisator
2. Siswa melakukan praktikum peranan katalis dalam laju reaksi
3. Siswa berdiskusi dalam kelompok dan menjawab pertanyaan yang ada dalam LKS siswa.
4. Guru membahas hasil praktikum dan diskusi siswa
Penutup
1. Siswa melaporkan kesimpulan dari kegiatan praktikum dan diskusi kelompok dengan mengumpulkan LKS kelompok
2. Guru membimbing siswa dan membahas kesimpulan yang ditarik oleh siswa
3. Guru memberikan tugas individu untuk membuat laporan praktikum yang dilihat dalam blog guru.



Sumber dan Alat Pembelajaran
Sumber dan alat pembelajaran yang digunakan dalam bab ini yaitu,
Briggs and Heyworth. 2007. Chemistry insight ‘o’ Level. First Lok Yang Road, Singapora: Pearson Education South Asia Pte Ltd.
Peter. D Riley. 2005. Chemistry. Cambridge: Hodder Education.
Sunardi. 2008. Kimia Bilingual untuk SMA Kelas XI. Bandung: CV. Yrama Widya.
Suyatno, dkk. 2007. Kimia untuk kelas XI SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Penilaian
a. Prosedur penilaian (Aspek yang dinilai) :
Kognitif :
Psikomotor :
Afektif : menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi
menggali informasi tentang peranan katalis terhadap laju reaksi
berpartisipasi aktif dalam diskusi, disiplin, tekun,dan kerja keras, serta jujur dan terbuka.

b. Jenis tagihan : laporan diskusi kelompok, laporan individu
c. Bentuk instrumen : uraian objektif, dan uraian non objektif.
d. Butir- butir soal/Tugas :
1. Buatlah data tentang percobaan ini!
2. Buatlah tabel pengamatan untuk waktu yang diperlukan untuk menghilangkan warna larutan pada tetesan KMnO4 yang pertama sampai ke 12. Bandingkan waktunya. Buatlah grafik waktu dengan tetesan!
3. Tuliskan waktu pada cara kerja a dan b untuk reaksi H2O2 dan KI. Manakah yang lebih cepat?

e Kunci Jawaban

f. Pedoman penilaian
skor Deskripsi
≥ 90 Sangat Kompeten dalam menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi dengan menggunakan data dan grafik
80 – 89 Kompeten secara baik dalam menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi dengan menggunakan data dan grafik
70 – 79 Kompeten dalam menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi dengan menggunakan data dan grafik
65 – 69 Cukup Kompeten dalam menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi dengan menggunakan data dan grafik





Mengetahui,
An Kepala SMA Taruna Nusantara
Wakil Kepala Sekolah Pendidikan



Drs. Eddy Kusnadi, M. Pd
NIP. 131638138 Magelang, 22 Juni 2009


Pamong Pengajar Pengasuh,



Erawati, S.Si

Senin, 26 Oktober 2009

RPP Percobaan Reaksi Reversibel

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH : SMA Taruna Nusantara Magelang
MATA PELAJARAN : KIMIA
KELAS/ SEMESTER : XI / GANJIL
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 ‘

Standar Kompetensi :
3. Memahami Kinetika Reaksi, kesetimbangan Kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar :
3.3 Menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.

Indikator :
1. Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan

Materi Pokok :
Faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan

Model, Metode, dan Pendekatan Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Praktikum dan Pemberian tugas
3. Pendekatan Pembelajaran : keterampilan proses

Langkah – langkah Kegiatan

Apersepsi
Guru member salam kepada siswa, mempresensi siswa
Guru memberi pengantar tentang kesetimbangan kimia

Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang tentang kesetimbangan dinamis
2. Guru menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kimia
3. Siswa melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kimia
4. Siswa melakukan diskusi tentang percobaan yang telah dilakukan
5. Siswa manarik kesimpulan hail diskusi

Penutup
1. Siswa melaporkan kesimpulan dari kegiatan
2. Guru membimbing siswa dan membahas kesimpulan yang ditarik oleh siswa

Sumber dan Alat Pembelajaran
Sumber dan alat pembelajaran yang digunakan dalam bab ini yaitu, buku teks Kimia berbasis eksperimen untuk SMA Kelas XI Penerbit Grasindo.

Penilaian
a. Prosedur penilaian (Aspek yang dinilai) :
Kognitif
Menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia.

Psikomotor
menggambarkan kesetimbangan kimia dengan tetapan kesetimbangan berdasarkan hukum kesetimbangan kimia.

Afektif
berpartisipasi aktif dalam diskusi, berpartisipasi aktif dalam menggambarkan kesetimbangan kimia, disiplin, tekun, dan kerja keras, serta jujur dan terbuka.

b. Jenis tagihan : laporan diskusi kelompok, laporan individu yang dikumpulkan melalui email.
c. Bentuk instrumen : uraian non objektif.
d. Butir- butir soal/Tugas : Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan!
e. Kunci Jawaban
suhu, konsentrasi, volume dan tekanan
f. Pedoman penilaian

skor≥ 90 Sangat kompeten dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
80 – 89 Kompeten secara baik dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
70 – 79 Kompeten dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
65 – 69 Cukup kompeten dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
≤ 65 Belum kompeten dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia

g. Tindak lanjut hasil penilaian
Pembahasan laporan individu siswa yang dikumpulkan melalui email
Untuk siswa yang nilainya >90, diadakan pengayaan, dengan diberi tugas yang lain


Magelang, 22 Juni 2009


Pamong Pengajar Pengasuh,



Erawati, S.Si

Mengetahui,
An Kepala SMA Taruna Nusantara
Wakil Kepala Sekolah Pendidikan



Drs. Eddy Kusnadi
NIP. 131638138