Senin, 26 Oktober 2009

RPP Percobaan Reaksi Reversibel

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH : SMA Taruna Nusantara Magelang
MATA PELAJARAN : KIMIA
KELAS/ SEMESTER : XI / GANJIL
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 ‘

Standar Kompetensi :
3. Memahami Kinetika Reaksi, kesetimbangan Kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar :
3.3 Menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.

Indikator :
1. Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan

Materi Pokok :
Faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan

Model, Metode, dan Pendekatan Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Praktikum dan Pemberian tugas
3. Pendekatan Pembelajaran : keterampilan proses

Langkah – langkah Kegiatan

Apersepsi
Guru member salam kepada siswa, mempresensi siswa
Guru memberi pengantar tentang kesetimbangan kimia

Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang tentang kesetimbangan dinamis
2. Guru menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kimia
3. Siswa melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kimia
4. Siswa melakukan diskusi tentang percobaan yang telah dilakukan
5. Siswa manarik kesimpulan hail diskusi

Penutup
1. Siswa melaporkan kesimpulan dari kegiatan
2. Guru membimbing siswa dan membahas kesimpulan yang ditarik oleh siswa

Sumber dan Alat Pembelajaran
Sumber dan alat pembelajaran yang digunakan dalam bab ini yaitu, buku teks Kimia berbasis eksperimen untuk SMA Kelas XI Penerbit Grasindo.

Penilaian
a. Prosedur penilaian (Aspek yang dinilai) :
Kognitif
Menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia.

Psikomotor
menggambarkan kesetimbangan kimia dengan tetapan kesetimbangan berdasarkan hukum kesetimbangan kimia.

Afektif
berpartisipasi aktif dalam diskusi, berpartisipasi aktif dalam menggambarkan kesetimbangan kimia, disiplin, tekun, dan kerja keras, serta jujur dan terbuka.

b. Jenis tagihan : laporan diskusi kelompok, laporan individu yang dikumpulkan melalui email.
c. Bentuk instrumen : uraian non objektif.
d. Butir- butir soal/Tugas : Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan!
e. Kunci Jawaban
suhu, konsentrasi, volume dan tekanan
f. Pedoman penilaian

skor≥ 90 Sangat kompeten dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
80 – 89 Kompeten secara baik dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
70 – 79 Kompeten dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
65 – 69 Cukup kompeten dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia
≤ 65 Belum kompeten dalam menentukan faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia

g. Tindak lanjut hasil penilaian
Pembahasan laporan individu siswa yang dikumpulkan melalui email
Untuk siswa yang nilainya >90, diadakan pengayaan, dengan diberi tugas yang lain


Magelang, 22 Juni 2009


Pamong Pengajar Pengasuh,



Erawati, S.Si

Mengetahui,
An Kepala SMA Taruna Nusantara
Wakil Kepala Sekolah Pendidikan



Drs. Eddy Kusnadi
NIP. 131638138

Tidak ada komentar:

Posting Komentar