Kamis, 29 Oktober 2009

RPP LAJU REAKSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH : SMA Taruna Nusantara Magelang
MATA PELAJARAN : KIMIA
KELAS/ SEMESTER : XI / GANJIL
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 ‘

Standar Kompetensi :
Memahami Kinetika Reaksi, kesetimbangan Kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar :
memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :
1. Menjelaskan pengaruh konsentrasi suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
2. Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator.
3. Menjelaskan pengertian, peranan katalisator dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.

Materi Pokok :
Pengaruh Konsentrasi terhadap laju reaksi

Model, Metode, dan Pendekatan Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Praktikum, Diskusi dan Ceramah
3. Pendekatan Pembelajaran : keterampilan proses

Langkah – langkah Kegiatan
Apersepsi
1. Siswa memasuki ruang laboratorium kimia dengan tertib dan duduk dengan membentuk kelompok kerja.
2. Guru memberi pertanyaan tentang materi yang lalu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan tentang katalisator
2. Siswa melakukan praktikum peranan katalis dalam laju reaksi
3. Siswa berdiskusi dalam kelompok dan menjawab pertanyaan yang ada dalam LKS siswa.
4. Guru membahas hasil praktikum dan diskusi siswa
Penutup
1. Siswa melaporkan kesimpulan dari kegiatan praktikum dan diskusi kelompok dengan mengumpulkan LKS kelompok
2. Guru membimbing siswa dan membahas kesimpulan yang ditarik oleh siswa
3. Guru memberikan tugas individu untuk membuat laporan praktikum yang dilihat dalam blog guru.



Sumber dan Alat Pembelajaran
Sumber dan alat pembelajaran yang digunakan dalam bab ini yaitu,
Briggs and Heyworth. 2007. Chemistry insight ‘o’ Level. First Lok Yang Road, Singapora: Pearson Education South Asia Pte Ltd.
Peter. D Riley. 2005. Chemistry. Cambridge: Hodder Education.
Sunardi. 2008. Kimia Bilingual untuk SMA Kelas XI. Bandung: CV. Yrama Widya.
Suyatno, dkk. 2007. Kimia untuk kelas XI SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Penilaian
a. Prosedur penilaian (Aspek yang dinilai) :
Kognitif :
Psikomotor :
Afektif : menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi
menggali informasi tentang peranan katalis terhadap laju reaksi
berpartisipasi aktif dalam diskusi, disiplin, tekun,dan kerja keras, serta jujur dan terbuka.

b. Jenis tagihan : laporan diskusi kelompok, laporan individu
c. Bentuk instrumen : uraian objektif, dan uraian non objektif.
d. Butir- butir soal/Tugas :
1. Buatlah data tentang percobaan ini!
2. Buatlah tabel pengamatan untuk waktu yang diperlukan untuk menghilangkan warna larutan pada tetesan KMnO4 yang pertama sampai ke 12. Bandingkan waktunya. Buatlah grafik waktu dengan tetesan!
3. Tuliskan waktu pada cara kerja a dan b untuk reaksi H2O2 dan KI. Manakah yang lebih cepat?

e Kunci Jawaban

f. Pedoman penilaian
skor Deskripsi
≥ 90 Sangat Kompeten dalam menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi dengan menggunakan data dan grafik
80 – 89 Kompeten secara baik dalam menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi dengan menggunakan data dan grafik
70 – 79 Kompeten dalam menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi dengan menggunakan data dan grafik
65 – 69 Cukup Kompeten dalam menjelaskan tentang peranan katalis terhadap laju reaksi dengan menggunakan data dan grafik





Mengetahui,
An Kepala SMA Taruna Nusantara
Wakil Kepala Sekolah Pendidikan



Drs. Eddy Kusnadi, M. Pd
NIP. 131638138 Magelang, 22 Juni 2009


Pamong Pengajar Pengasuh,



Erawati, S.Si

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar